Slide Gallery

Jumat, 28 Januari 2011

Akibat Terbakarnya KM.Lautan Teduh II

Gambar : Menhub Freddy Numbery

Menhub Didesak Mundur

JAKARTA Trans Laut - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR mendesak Menteri Perhubungan (Menhub) Freddy Numbery mundur dari jabatannya karena dianggap gagal membenahi transportai massal.

Desakan mundur ini disampaikan menyusulnya maraknya kecelakaan transportasi seperti kecelekaan kereta di Ciamis, Jawa Barat dan terbakarnya Kapal Roro KMP Laut Teduh di pulau Tempurung, dini hari tadi.

Sekretaris Fraksi PKS Abdul Hakim mengatakan, musibah tabrakan Kereta Api (KA) Mutiara Selatan jurusan Bandung-Surabaya dengan KA Kutojoyo jurusan Bandung-Purwokerto dan kebakaan KMP Laut Teduh II, merupakan bukti ketidakmampuan Menhub dan jajarannya.

"Sudah berulang kali kami sampaikan kepada pemerintah melalui Menhub agar segera membenahi transportasi massal, tapi desakan itu hampir tidak pernah direalisasikan dalam bentuk langkah konkret," ujar Hakim di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (28/1/2011).

Hakim bahkan menuding pemerintah sengaja membiarkan para operator transportasi berjalan sendiri tanpa pengawasan dan pembinaan. "Jelas pemerintah sengaja, tidak mengawasi para operator," kata dia.

Jika Menhub tetap tak mau mundur dan pemerintah tidak mampu memperbaiki pelayanan dalam waktu singkat, Fraksi PKS berencana menggalang dukungan hak angket atas kelalaian pemerintah menjalankan UU no. 23/2007 tentang Perkeretaapian dan UU no. 17/2008 tentang Pelayaran.

"Bukan tidak mungkiin kami akan menggalang dukungan untuk mengajukan hak angket atas kelalaian pemerintah sehingga menyebabkan banyaknya kecelakaan," tutupnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar